Cara Membuat Channel YouTube

Cara Membuat Channel YouTube

261

Channel Youtube tentu tidak hanya menjadi milik para Youtuber profesional tapi juga bisa dipunyai siapa saja yang berminat. Bahkan para pemilik channel kategori pemula semakin banyak dari hari ke hari. Mengapa? Paling tidak ada 2 alasan utama yakni membuatnya sangat mudah dan manfaatnya banyak. Ada yang menjadikan sebagai media bisnis dan promosi produk, sarana hiburan, humor, berbagi informasi dan pengetahuan, dan lainnya.

Pertanyaan penting yakni apakah kita seterusnya hanya ingin jadi penonton atas tayangan video yang dishare para pemilik channel? Sebagian mungkin menjawab iya, tapi tentu banyak di antaranya yang justru ingin ikut ambil bagian sebagai pemilik channel YouTube. Nah… bagaimana caranya membuat channel? Ini menjadi pertanyaan bagi kalangan pemula.

Sebenarnya membuat Channel Youtube itu sangat mudah dan bahkan bisa dilakukan di ponsel android kita. Berikut ini adalah tutorial sederhana membuat akun YouTube bagi pemula.

Pertama, memiliki akun google adalah prasyarat membuat akun YouTube. Jika anda belum punya, silahkan daftar dulu dan jika sudah sudah punya bisa anda lewati tahapan ini.

Kedua, Membuat akun YouTube. Perlu dijelaskan terlebih dahulu bahwa akun YouTube berbeda dengan Channel Youtube. Akun Youtube merupakan panel admin yang digunakan mengakses atau login pada channel YouTube. Sementara itu, Channel YouTube adalah nama saluran atau brand seseorang yang memuat aneka konten video.

Cara membuat channel yakni silahkan masuk ke akun google anda dan buka situs resmi Youtube. Selanjutnya klik login yang berada di pojok kanan atas kota berwarna biru. Kini anda telah masuk ke akun YouTube.

Di sini sebenarnya ada telah memiliki nama channel bawaan yang sama atau sesuai dengan nama akun google. Klik icon channel anda pada pojok kanan atas yakni foto profil akun google milik anda dan akan tampil detail profil. Silahkan klik icon gear di sisi icon profil anda.

Nah… di sini akan tampil laman dasboard dan cari teks “Buat Channel Baru” atau mungkin tertulis “Add New Channel”. Silahkan buat nama sesuai keinginan anda apakah berupa brand bisnis atau pribadi. Selanjutnya klik “Buat” atau “Create” untuk langkah berikutnya. Sampai pada tahap ini anda telah berhasil membuat sebuah channel YouTube.

Foto: YouTube/Screenshot
Foto: YouTube/Screenshot

Untuk melengkapi identitas channel yang anda telah buat ini, silahkan menambahkan foto profil, foto sampul, serta deskripsinya.
Selanjutnya, buat konten video semenarik mungkin untuk memeroleh penonton atau viewer yang banyak.(it/t7)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *